2,5 Jam Bersama Ketua Diploma III

Posted by Ali wardhana Selasa, 05 Mei 2015 0 komentar
"Profil  Pribadi"
Cerdas itu kesan pertama sewaktu bertemu beliau. Waktu itu sekitar 12 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2003. Saya bekerja satu team "micro teaching" dengan beliau, Mata kuliah Pengantar Ekonomi Makro. 
Sebagai dosen muda, tentu saya ingin menambah perbendaharaan ilmu mengajar dari Pak Fendi, begitu panggilan akrab beliau. Sebagai second lecture, saya turut duduk  mengikuti perkuliahan Pengantar Ekonomi Makro yang beliau sampaikan.

Hal yang membuat saya kagum, Pak Fendi, begitu panggilan akrab beliau, dapat memaparkan materi Pengantar Ekonomi Makro selama dua setengah jam di luar kepala, tanpa bantuan slide proyektor (saat itu belum ada LCD). Dan yang disampaikan betul-betul bersesuaian dengan buku text, satu pengalaman baru, yang belum pernah saya rasakan. Walaupun sebelumnya saya pernah duduk menyimak beratus-ratus perkuliahan dari berbagai tipe dosen, yang diantaranya berkewarganegaraan Belanda serta Malaysia. Penjelasan beliau teoritis dan sistematis tapi mudah dipahami dan tidak membosankan.

Semakin lama kenal, penilaian positif saya tentang beliau semakin bertambah, ternyata tak hanya Smart dalam mengajar, beliau juga cekatan dalam pengelolaan organisasi perguruan tinggi. Saat menjabat Pembantu Dekan III, kegiatan kemahasiswaan sangat berkembang baik. Perhatian (Ngemong) pada para mahasiswa, membuat para mahasiswa merasa terayomi. Pak Effendi selalu mengarahkan dan hadir saat mahasiswa melakukan kegiatan baik di dalam kampus ataupun di luar kampus.

Lahir di wilayah bantaran sungai Martapura, tepatnya di Kampung Kubah Surgi Mufti, Sungai Jingah Banjarmasin pada tanggal 15 Juli 1957 M atau bertepatan dengan 17 Zulhijjah 1376 H. Di tengah keterbatasan keluarga, beliau rajin belajar dan bersekolah hingga kuliah di Fakultas Ekonomi. Usaha gigihnya menuai hasil dengan mendapatkan predikat sebagai salah satu mahasiswa terbaik di FE Unlam. Kecendasannya makin terbukti saat dia meraih predikat lulusan terbaik saat menempuh pendidikan pascasarjana (S2) di Universitas Hasanuddin

Dedikasi dan Pengabdian
Tumbuh di lingkungan yang  lulusan pendidikan tingginya masih rendah, membuat nurani Effendi muda terpanggil untuk melabuhkan pengabdiannya di bidang pendidikan tinggi. Penuh dedikasi dan pengabdian pada pekerjaan, itu yang dilakukan oleh peraih Dosen Teladan I FE Unlam di tahun 1993. Tanpa rasa bosan, selama berpuluh-puluh tahun pikiran dan tenaga dicurahkan untuk mengupgrade kecerdasan anak negeri.

Di samping itu alumni S2 UNHAS bidang Perencanaan dan Pengembangan Wilayah ini, juga sangat aktif melaksanakan penelitian-penelitian khususnya di bidang Perencanaan dan Pembangunan Daerah , Pak Effendi banyak melakukan kerjasama dengan Pemda-Pemda di lingkungan Kalimantan, dalam  menyusun perencanan pembangunan, yang outputnya banyak di pakai bagi para pengambil keputusan.

Kini beliau diberi amanah sebagai Ketua Program Diploma III.  Kecerdasan, pengalaman dan jaringannya yang luas kini beliau dedikasikan untuk kemajuan Program Diploma III . Sebagai Ketua DIII yang baru, di awal kepemimpinan, beliau langsung membenahi organisasi internal DIII, mengkoordinasikan semua elemen agar bekerja dengan layanan prima. Beliau juga membenahi fasilitas, baik ruang kuliah maupun ruang pengelola. "Ini untuk kenyamanan bekerja dan proses belajar mengajar", imbuh beliau. Untuk eksternal, beliau mengunjungi pemda-pemda di wilayah Kal-Sel-Teng, demi menindaklanjuti  kerjasama yang telah dirintis Ketua Program Diploma III sebelumnya, Ibu S.M. Zulfaridatulyaqin.

Diantaranya yang berbuah adalah kerjasama pengiriman abdi negara di lingkungan kerja Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan, untuk meneruskan kuliah di prodi Akuntansi dan Prodi Perpajakan Diploma III.

Cepat dan Cermat dalam layanan, Berkualitas dalam Pembelajaran,  Tuk Menghasilkan Alumni yang  Handal di Bidang Ilmu dan Terapan, itu salah satu pesan beliau bagi para karyawan dan dosen dil lingkungan kerja Diploma III. Terus berkarya pak......
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 2,5 Jam Bersama Ketua Diploma III
Ditulis oleh Ali wardhana
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://d3febunlam.blogspot.com/2015/05/dua-setengah-jam-bersama-ketua-diploma.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Sistem Informasi Perpustakaan

Sistem Informasi Wisuda

Sistem Informasi Kepegawaian

Sistem Informasi ULM Terintegrasi

Portal Akademik Mahasiswa

Comments

Informasi terkini support Online Shop Store - Original design by Bamz | Copyright of DIPLOMA III FEB UNLAM.

Kontak Kami

Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjen H. Hasan Basry Telp/Facs : 0511 3301646